KKN mensosialisasikan Ecobreak pada warga Munggang, Desa Derongisor

Amin, KKN Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Lokasi Tahap 1 Universitas Negeri Semarang (KKN lokasi tahap 1 UNNES) bersama teman-teman mengajak masyarakat desa Derongisor utuk lebih peduli terhadap penanganan sampah terlebih sampah non organik. Tingginya kepedulian kegiatan kerja bakti warga namun tidak sedikit yang mempersoalkan bagaimana cara menyikapi sampah non organik yang kerap kali berpikir ulang bagaimana mengatasi sampah tanpa harus membuat masalah di lain tempat.

Contohnya, warga membersihkan sampah di sekitar rumah, tetapi membuangnya masih di selokan atau sungai. Hal ini membuat halaman warga nyaman tetapi tidak menyadari akan dampak selanjutnya jika sampah tersbut dibuang begitu saja tanpa ada pengolahan atau pemanfaatan lebih lanjut.

Ecobreak salah satu solusi penanganan sampah non organik. Plastik dimasukan pada botol-botol minuman yang ukuran sama besar. Lalu diisi penuh pada botol dan dipadatkan sampai benar-benar penuh, hal ini diharapkan dapat menopang tekanan ketika botol-botol tersebut ditopang benda berat.

Setelah penuh, tutup kembali botol tersebut agar sampah plastik yang sudah dipadatkan ke dalam botol tidak keluar. Ulangi pada botol lain hingga banyak.

Botol tersebut diberi warna agar menambah kesan cantik ataupun tidak diberi warna akan terlihat alami berwarna warni sampah yang berada di dalam botol tersebut. Botol Dapat dirangkai menjadi meja, kursi yang berbentuk lingkaran, persegi, persegi panjang dan sebagainya sesuai dengan keinginan.

Jadi tidak semua benda non organtik salah satunya plastik menjadi masalah lingkungan disekitar kita. Eitsss.. gunakan sampah platik yang bersih dan kering ya, karena penyimpanan sampah dalam botol dapat dibiarkan bertahun-tahun.

Mari bijak terhadap penanganan sampah, terutama sampah non organik. Peduli lingkungan, cintai kebersihan.

KKN mensosialisasikan Ecobreak pada warga Munggang, Desa Derongisor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *